KEAJAIBAN - Everything has a reason

Wednesday, March 14, 2007

KKN bukan yah............

Kemarin gw ngurus paspor baru di imigrasi Jakarta Selatan. Beda sama pas ngurus paspor yang sebelumnya, sekarang gw ngurus lewat kantor which is ngurusnya pake jasa travel yang ujung2nya pake jasa "calo". Emang lebih enak dari segi waktu secara gw ga harus bolak balik imigrasi seperti pas gw ngurus sendiri di Bogor dulu. Gw tinggal datang buat foto, wawancara dan tanda tangan paspor.

Begitu masuk kantor imigrasi wooowww begitu bertaburannya calo di kantor itu dan mereka sepertinya sudah seperti memiliki kantor itu (this is just my opinion loh yah). Awalnya gw masih ngerasa biasa aja, karena emang gw dengan setia menunggu antrian untuk foto dan sidik jari. Gw berpikir akh mereka kan hanya membantu orang yang ga mau repot seperti gue. Begitu masuk ruangan foto, loh kok rasanya banyak yang tiba2 muncul aja dan bukan orang2 yang urutan antriannya sebelum gue. Trus kalau ada yang mencoba ngintip2 di pintu, ada ibu2 galak yang langsung teriak "awas lo...masih pagi ini". Gw jadi berpikir...ooooo disini nih sepertinya salah satu fungsi these guys...kalo orangnya datang siang otomatis dapat nomor antrian belakangan yang otomatis lagi lebih lama dunk nunggunya. Nah sepertinya mereka bisa ber"kolusi" dengan petugas untuk memasukkan orang yang mereka urusin. Sampai tahap ini gw masih berpikir, gw kan emang datang pagi dan sesuai nomor antrian, gw ga kolusi dunk ;)

Abis itu kan antri lagi untuk wawancara dan tanda tangan paspor. Setelah agak lama menunggu, gw nanya lah sama calo yang ngurusin gw "masih lama ga?" Ga lama abis itu eh dia manggil gw buat langsung masuk ruangan wawancara. Pas di dalam itu gw ngeliat salah satu calo naroh berkas orang yang diurusin sama dia sambil tak lupa menyelipkan uang ke tangan petugasnya...baru deh ngeh dan rasa idealismenya agak2 tersentil...berarti calo gw juga melakukan yang sama untuk memperlancar urusan paspor gw...berarti gw juga sudah melakukan KKN dunk? Ya ampyun...........gw yang terlalu naif apa gimana ya??? petugas2 itu juga tenang2 aja loh dengan semua rutinitas para calo ini....jadi gimana mau memberantas KKN kalo sepetinya sudah jadi kebiasaan begitu dan dianggap wajar ya?????

Note: The views expressed in this blog only my personal view loh ya........

2 Comments:

Blogger Diana Indah said...

Dha, emang kenapa pindah dari Bogor ke Jakarta ?

*mau kemana nih ?*

3/16/2007 7:53 AM  
Blogger IrA said...

Nah susah kan Dha kalo dah gitu...dilema yak! (gw juga ngalamin yg sama seperti dirimu)

3/16/2007 8:26 AM  

Post a Comment

<< Home